Inilah Manfaat Dan Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan

Rempah-rempah atau bahan bumbu makanan khas wilayah asia tenggara diantaranya indonesia, malaysia bisa dijadikan obat alami yang sangat ampuh dan mujarab dikala kesehatan organ tubuh mengalami masalah, Salah satunya bahan obat alami ini adalah Kunyit, Manfaat kunyit bisa dijadikan obat untuk anda yang mengalami permasalahan dalam kesehatan, Kunyit kuning bisa diduga mampu membantu proses penyembuhan pada organ-organ tubuh, Berikut manfaat dari kunyit yg bisa didapatkan.


Manfaat Kunyit

Kunyit bisa bantu mengurangi sakit yeri pada penderita osteoarthritis, dengan kondisi yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku, dan kehilangan fleksibilitasnya. Sebuah peneliti meyebutkan kinerja kunyit seimbang sama obat ibuprofen bisa mengatasi osteoarthritis. apabila ingin mencoba mengurangi rasa sakit akibat osteoarthritis, Anda bisa mengonsumsi ekstrak kunyit dosis 500 mg dalam dua kali sehari.

Kulit gatal.

Berdasarkan sebuah penelitian, kulit gatal akibat penyakit ginjal kronis bisa diatasi dengan mengonsumsi kombinasi produk yang mengandung kurkumin dan ekstrak lada hitam atau cabe jamu (long pepper).
Ruam kulit. Kondisi iritasi kulit akibat liken planus bisa diatasi dengan mengonsumsi produk tertentu yang mengandung unsur kimiawi kunyit.
Masalah Menstruasi. Pasti Anda sering melihat iklan minuman yang mengandung kunyit dan diklaim bisa mengatasi rasa sakit akibat menstruasi.

Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi suplemen kunyit bisa meringankan rasa sakit tersebut. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

Tukak lambung
Beberapa penelitian menyatakan sakit tukak lambung dapat diatasi dengan mengonsumsi kunyit.
Dispepsia (Maag). Menurut penelitian, mengonsumsi kunyit juga bisa membantu mengurangi gejala perut kembung pada penderita dispepsia.
Kanker. Menurut beberapa penelitian, kurkumin dapat mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor, penyebaran kanker, serta berkontribusi terhadap kematian sel kanker.

Efek Samping Kunyit

Sampai saat ini, belum ditemukan adanya efek samping dari penggunaan kunyit pada dosis rendah. Sebuah penelitian mencatat bahwa tidak terjadi efek samping pada orang yang mengonsumsi kunyit 450 mg tiap hari selama seminggu. Walau demikian, kunyit yang dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat membuat detak jantung menjadi abnormal. Efek samping lain yang ditimbulkan dari pemakaian kunyit secara berlebihan yaitu:

  • Reaksi alergi, seperti ruam.
  • Gangguan pada kantung empedu.
  • Perdarahan.
  • Gangguan hati.
  • Kontraksi uterus.
  • Gangguan perut dan pencernaan.
  • Mengurangi kesuburan pada pria.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel